Memori Ponsel Penuh? Hapus Saja File Msgstore di WhatsApp

CerminWorld.com, Jakarta – Aplikasi pesan singkat WhatsApp kini seperti menjadi kebutuhan primer bagi jutaan pengguna telepon pintar untuk bertukar pesan dalam bentuk teks, gambar, video, suara, dan lainnya. Namun seiring waktu, aplikasi ini menyedot banyak memori internal ponsel.

Data dari WhatsApp umumnya berkisar antara 500 MB sampai 2 GB. Semakin banyak obrolan yang dilakukan maka data tersebut akan semakin banyak.

Salah satu file yang diproduksi WhatsApp dan berukuran sangat besar adalah msgstore. File ini bisa ditemukan pada folder WhatsApp yang ada pada file manager. 

File msgstore merupakan file backup otomatis yang ada di WhatsApp dan muncul beberapa bulan sekali. Data-data pada WhatsApp, seperti teks, video, gambar, stiker, rekaman suara, dan lain-lain akan di-backup menjadi file msgstore. File ini akan berguna bagi ketika pemilik ponsel tidak sengaja menghapus WhasApp.

Lalu, amankah menghapus msgstore pada WhatsApp?

Menghapus file msgstore tidak berbahaya dan justru menguntungkan bagi mereka yang memiliki ruang penyimpanan ponsel sedikit. Jika ingin menghapus file tersebut, caranya dengan mengakses folder WhatsApp pada file manager dan pilih Databases. Kemudian kita bisa menghapus semua file yang ada di sana.

Bagi anda yang sudah menghapus file msgstore, anda harus melakukan backup manual ketika memutuskan untuk menghapus WhatsApp dan memasangnya kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *