Saat Para Orang Tua Mendaki Rinjani Sembalun 7 Summits

CerminWorld.com, Jakarta – Aktivitas mendaki gunung biasanya dilakukan oleh para anak muda yang masih bertenaga kuat. Tapi nyatanya, saat ini cukup banyak orang-orang yang berusia di atas 50 tahun mendaki gunung.

Gunung Rinjani menjadi salah satu pilihan aktivitas mendaki yang cocok karena memiliki 7 puncak dengan beragam ketinggian. Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Dedy Asriady mengatakan pendakian di 7 puncak Rinjani kini memang cukup diminati, bahkan oleh orang-orang yang berusia tak muda lagi.

“Ini seperti tren baru, pendaki yang bukan berusia muda,” kata Dedy, Kamis, 23 September 2021.

Adapun 7 puncak yang masuk Rinjani Sembalun Seven Summits adalah Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, Sempana 2.329 mdpl, Lembah Gedong 2.200 mdpl, Kondo 1.934 mdpl, Anak Dara 1.923 mdpl, Pergasingan 1.806 mdpl dan Bao Ritip 1.500 mdpl.

Salah seorang pendakinya adalah Zunnunul Masri yang berusia 62 tahun. Ia telah mendaki tiga puncak, yaitu Pergasingan, Kondo dan Lembah Gedong. ”Saya dan istri tinggal tiga bukit lagi,” ujarnya.

Pendaki lainnya adalah pegiat Komunitas Jalan Jalan Lombok (KJJL) Ratna Septariyani yang mendaki untuk kembali merasakan hobinya sebagai pecinta alam. “Utama bisa melihat keindahan alam. Capek tapi kalau sudah sampai hilang capeknya bisa lihat ke bawah melihat alam dan udara sejuk,” ujarnya yang berusia 56 tahun.

Komite yang juga founder Rinjani Geopark Sembalun 7 Summits Rudi Rohmansyah menyebutkan sudah 150-an pendaki yang telah menyelesaikan 7 Summits. Secara reguler, wisata Sembalun 7 Summits sudah berjalan sejak diresmikan Gubernur Nusa Tenggara Barat pada 20 Oktober 2020.

Salah satu pendaki tertua yang telah menyelesaikan Sembalun 7 Summits adalah Lindawati, 64 tahun. Ia bersama anak dan menantu serta cucunya walaupun tidak bersamaan sudah mendaki ke Rinjani dan sekitarnya. Linda sudah menyelesaikan 7 Summits sejak memulai pendakian pada 19 Mei 2021. “Keseluruhannya selama sebulan 12 hari,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *