Saham Telkom Naik 0,91 Persen Menjelang RUPST

CERMINKINI.COM, Jakarta – Menjelang Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan siang ini, 19 Juni 2020, saham PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. atau Telkom (TLKM) naik 0,91 persen ke level Rp 3.300 dalam perdagangan pagi ini.

Saham Telkom menjadi paling laris diborong investor asing. dengan pembelian sebanyak Rp 10,9 miliar.

Telkom akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada pukul 14.00 siang hari ini. Dalam mata acara rapat tersebut, perseroan akan meminta persetujuan dari pemegang saham untuk menetapkan penggunaan laba bersih perseroan tahun buku 2019.

Pagi ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke zona hijau pada pembukaan perdagangan hari ini, berlawanan dengan pergerakan sejumlah bursa saham Asia lainnya.

Setelah terkoreksi 1,25 persen pada perdagangan Kamis, IHSG dibuka menguat 0,79 persen ke level 4.964,39 pada perdagangan hari ini.

Penguatan IHSG berlanjut hingga menit ke-2 perdagangan, dengan besaran kenaikan mencapai 0,83 persen atau ke kisaran 4.966. Kapitalisasi pasar IHSG terpantau pada Rp 5.764 triliun.

Selain TLKM, saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjadi sasaran aksi beli bersih investor asing. Pada menit-menit awal perdagangan, emiten berkode saham BMRI itu naik 1,87 persen ke level Rp 4.910 per saham dengan beli bersih asing mencapai Rp8,8 miliar.

PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) juga menjadi salah satu target investor asing pada hari ini. Sampai dengan pukul 09.03 WIB, ASII menguat 0,52 persen ke level Rp388 per saham dengan pembelian bersih asing sebesar Rp 179,7 juta.

Di sisi lain saham PT Bank Central Asia (BBCA) menjadi sasaran aksi jual bersih asing pada hari ini. Dalam beberapa menit, investor langsung menjual bersih (net sell) saham emiten perbankan ini senilai Rp 13,3 miliar dengan volume sebesar 1,1 juta dan nilai turnover transaksi sebesar Rp 31,3 miliar.

Kenaikan IHSG berlawanan dengan tren di sejumlah pasar saham Asia lainnya. Hal ini terjadi lantaran meningkatnya kekhawatiran investor terhadap kenaikan kasus positif Covid-19 dan tensi hubungan AS dan Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *