Saingi Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

CERMINWORLD.COM, Jakarta – Bos dari manufaktur mobil listrik Tesla, Elon Musk, semakin kaya. Senin kemarin, nilai kekayaannya bertambah berkat naiknya nilai saham Tesla. Sekarang, total kekayaan Elon Musk menjadi US$128 miliar atau sejajar dengan pendiri Microsoft, Bill Gates. Keduanya berbagi posisi sebagai orang terkaya kedua di dunia.

Elon Musk, lucunya, tidak bereaksi banyak atas status barunya tersebut. Ketika seseorang menanyakan hal tersebut di Twitter, Elon Musk hanya menjawab dengan satu kata. “Wow,” ujar Elon Musk, Rabu, 25 November 2020.

Elon Musk menjadi orang terkaya kedua di dunia usai perusahaan mobil listriknya, Tesla, mencetak rekor baru di pasar saham (Sumber: Twitter)

Walau Elon Musk berkecimpung di berbagai bisnis, termasuk Space X yang ia dirikan untuk mengkomersilkan perjalanan ke luar angkasa, Tesla lah penyumbang kekayaan terbesarnya. Di sana, ia memiliki saham kurang lebih 20 persen.

Sepanjang 2020, di tengah situasi pandemi, Tesla memang satu dari sedikitnya perusahaan di dunia yang berhasil bertahan. Di pasar saham, nilainya menanjak hampir 524 persen yang memberikan Elon Musk kekayaan kurang lebih US$100 miliar.

Pada Senin kemarin, nilai saham Tesla naik 6,6 persen. Ketika perdagangan ditutup, nilai per lembar saham adalah US$521,9 atau rekor tertinggi untuk saat ini.

Bill Gates sesungguhnya memiliki kesempatan untuk tidak berbagi posisi runner-up dengan Elon Musk. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, ia harus menghentikan kegiatan filantropinya bersama sang istri, Melinda Gates. Saat ini, Bill Gates dan Melinda Gates memang lebih banyak aktif di kegiatan amal di mana mereka menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka.

Posisi pertama orang terkaya di dunia masih dipegang oleh Jeff Bezos, bos dari layanan e-commerce Amazon. Dia memiliki nilai kekayaan mencapai US$182 miliar atau jauh lebih besar dibanding Bill Gates maupun Elon Musk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *