Setelah Hotel Tertinggi di Dunia, Dubai Akan Punya Pencakar Langit Baru

CERMINWORLD.COM, Jakarta – Bila menyinggung tentang gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa yang paling kenamaan. Burj Khalifa adalah gedung dengan ketinggian 828 meter. Namun, jika bicara tentang hotel tertinggi, rupanya adalah Gevora.

Hotel Gevora dan Burj Khalifa sama-sama berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Gevora adalah hotel dengan ketinggian 356 meter yang berada di Jalan Sheikh Zayed telah dibuka pada 2018.

Ketinggian Hotel Gevora telah melampaui JW Marriott Marquis, Dubai. Hanya beda sekitar satu meter, seperti dikutip dari Gulf News. Klaim properti baru yang tertinggi itu pun diakui Guinness Book of World Records.

Hotel Gevora memiliki 75 lantai dengan 528 kamar. “Ukuran plot kurang lebih standar untuk menara di SZ Road (Jalan Sheikh Zayed),” kata General Manager Hotel Gevora, Jairaj Gorsia.

Pengembang Al Attar Group sengaja menggunakan area lahan itu untuk usaha perhotelan. “Itu menambah 22 hotel yang sudah ada di bentangan ini. Adapun masing-masing rata-rata 250 kamar hingga 300 kamar,” katanya.

Proyek pembangunan Hotel Gevora berjalan selama empat tahun. Menurut Gorsia, keberadaan Hotel Gevora mengincar para pelancong bisnis. Alasannya, ucap dia, karena hotel itu dibangun di kawasan keuangan di Dubai. “Tapi kami selalu bisa memberikan jaringan yang lebih luas,” ujarnya.

Menurut laporan Travel and Leisure, rupanya Dubai enggan berpuas dengan bangunan tertinggi. Kota itu segera membangun bangunan pencakar langit baru, Ciel Tower. Gedung itu diperkirakan akan dibuka pada 2023. Ketinggian menara itu akan mencapai 360 meter. Itu berarti melebihi ketinggian Hotel Gevora.

Ciel Tower berada di Marina Dunai yang merupakan pusat gedung-gedung jangkung. Foto: @norr_aep

Ciel Tower akan menyediakan dek observasi kaca dengan kolam renang di puncak gedung. Dari tempat itu akan menampilkan pemandangan kota. Ciel Tower pun sebagai akomodasi. Menara itu nanti akan memiliki spa dan beberapa restoran, tapi masih belum memerinci karakteristiknya.

Konstruksi menara berada di kawasan Dubai Marina yang sudah dimulai pada 2016. Kawasan itu terkenal dengan gedung pencakar langit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *