Singapura Memulai Suntik Vaksin Virus Corona

CERMINWORLD.COM, Jakarta – Singapura memulai imunisasi suntik vaksin virus corona buatan Pfizer-BioNTech pada Rabu, 30 Desember 2020. Imunisasi vaksin virus corona yang dilakukan Singapura itu adalah yang pertama dilakukan negara di kawasan Asia Tenggara.

Wabah virus corona yang bermula di Wuhan, Cina, pada akhir 2019, telah menewaskan lebih dari 1,7 juta orang di dunia.

Pelanggan yang antri untuk memotong rambut mereka di salon, diperiksa suhu tubuh mereka, saat dibuka kembali bisnis di tengah wabah penyakit Virus Corona di Singapura, 12 Mei 2020. REUTERS/Edgar Su

Tenaga kesehatan di Singapura mendapat prioritas untuk mendapatkan suntik vaksin virus corona.  Sarah Lim, 46 tahun, perawat dan Kalisvar Marimuthu, 43 tahun, dokter spesialis penyakit menular, berada di antara 30 staf dari Pusat Penyakit Menular Singapura, yang mendapat suntik vaksin virus corona.        

Mereka yang mendapat suntik pada Rabu, 30 Desember 2020, akan diminta untuk kembali untuk mendapatkan suntik dosis kedua vaksin virus corona pada 20 Januari 2020.

“Vaksin telah membuat pandemi bertekuk lutut sebelumnya. Jadi saya berharap vaksin ini bisa melakukan hal serupa,” kata Marimuthu.  

Singapura telah menjadi negara pertama di Asia yang menyetujui vaksin virus corona buatan Pfizer-BioNTech. Singapura bahkan telah menanda-tangani kesepakatan untuk pembelian berikutnya. Negara itu juga berencana membeli vaksin virus corona yang dikembangkan oleh Moderna dan Sinovac.

Semua rangkaian pembelian itu diharapkan cukup untuk mengimunisasi 5,7 juta masyarakat Singapura sampai pada kuartal ketiga 2021.

Singapura bertindak cepat saat negara itu mendapatkan kasus pertama virus corona. Namun Singapura dikritik karena dinilai tutup-mata dengan puluhan ribu infeksi Covid-19 yang terjadi di asrama-asrama pekerja migran.

Dalam beberapa bulan terakhir, ada beberapa kasus positif Covid-19 yang ditularkan antar masyarakat lokal Singapura. Singapura termasuk salah satu negara dengan tingkat kematian akibat wabah virus corona yang cukup rendah, yakni 29 orang.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *