Yogyakarta Genjot Vaksinasi Booster untuk Pekerja Pariwisata

CerminWorld.com, Jakarta – Kunjungan wisatawan ke Yogyakarta kini tak hanya ramai di kawasan pusat kota. Berbagai destinasi wisata pinggiran Yogyakarta juga tampak ramai pengunjung pada Minggu, 16 Januari 2022.

Pantauan Tempo, kunjungan wisatawan di destinasi wisata pinggiran kota, seperti Hutan Pinus Mangunan, Seribu Batu, dan Kaki Langit di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, tampak padat. Para wisatawan berdatangan dengan naik bus-bus besar dan mobil pribadi dari berbagai daerah.

“Sabtu dan Minggu ini sangat ramai,” kata Arif, seorang juru parkir di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu destinasi wisata yang diuji coba pada awal Yogyakarta menyandang status PPKM Level 3 beberapa waktu lalu. Hutan Pinus Mangunan menjadi favorit karena memiliki banyak wahana swafoto dan tiket masuknya murah meriah, hanya Rp 5.000 per orang.

Wisatawan berfoto di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, pada Minggu, 16 Januari 2022. TEMPO | Pribadi Wicaksono

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Singgih Rahardjo mengatakan sedang memasukkan data para pekerja pariwisata dalam daftar penerima vaksin booster. “Pekerja pariwisata kini menjadi bagian penting dalam pertumbuhan dan pemulihan ekonomi Yogyakarta. Kami sudah mengusulkan mereka mendapat vaksinasi booster,” katanya.

Singgih memperkirakan, di DI Yogyakarta tak kurang ada 15 ribu pelaku usaha wisata yang sudah kembali beraktivitas. Dalam pelaksanaan vaksinasi booster nanti, para pekerja pariwisata ini akan dikoordinasi oleh asosiasi masing-masing.

Mengenai jadwal vaksinasi booster untuk pekerja pariwisata, Singgih mengatakan nanti setelah kelompok pelayan publik, orang lanjut usia, dan tenaga pendidik, tuntas. Berdasarkan data vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua, total ada 32 ribu pekerja pariwisata yang menjadi sasaran vaksinasi booster nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *